DMCA.com

Popular Post

Posted by : Pogi Hegrata Minggu, 09 Juni 2013


Hallo, sering kali banyak pertanyaan guinea pig itu apa sih ? bedanya sama cavy apa ? itu marmut bukan ?
oke, disini saya akan menjawabnya guinea pig itu adalah cavy atau marmut hanya beda penamaan saja tapi sama-sama satu hewan. Namun sebenarnya marmut dan cavy atau guinea pig sangatlah berbeda. Tapi karena di indonesia hewan ini disebut-sebut sebagai marmut, kita anggaplah hewan ini adalah marmut. Cavy atau Guinea Pig, tergolong dari kerajaan animalia, termasuk filum chordata, tentunya kelasnya di mammalia, ordernya pun di rodentia, subbordonya yaitu hystricomorpha. Guinea pig termasuk kedalam family caviidae dan sub family di caviinae, genusnya yaitu Cavia dan spesies nama latinnya adalah Cavia Porcellus atau C. Porcellus. Nama latin tersebut dinamakan pada tahun 1777 oleh Erxleben. Guinea Pig sendiri sangat banyak jenis-jenisnya dan ada show atau kontesnya.

Makanan Guinea Pig pun terbilang mudah kadang kala susah, maksudnya gimana? ya, guinea pig sangat memerlukan makanan yang mengandung vitamin C, selaiin itu makanan guinea pig pun yang wajib ada di kandang 24 jam adalah rumput atau hay dan pelet. Pelet kelinci pun bisa untuk guinea pig, namun jika guinea pig tersebut import dikasihnya oxbow untuk guinea pig dulu yah, baru deh perlahan-lahan ke yang pelet local, hay atau rumputnya pun sama jika guinea pig teman-teman baru di import sebaiknya dikasih merk terkenal dulu seperti oxbow guinea pig misalnya, baru deh perlahan-lahan dikasih yang seperti biasanya. Nah, setiap pagi sebaiknya 1 ekor guinea pig dikasih 1 vitamin C ipi yang bisa dibeli di apotik manusia. Untuk masalah rumput yang baru di ambil dari kebun atau pinggir sungai sebaiknya sebelum di kasih ke guinea pig dicuci dulu dan di jemur seharian di bawah sinar matahari agar bakteri yang ada di rumput sedikit mati. Tentunya rumput yang baru di ambil jangan langsung diberikan ke guinea pig kalian. Jadi mudah kan makanannya? susahnya jika disekitar rumah kalian tidak ada rumput, nah maka dari itu harus beli kan? terlebih lagi tidak disarankan mengambil rumput di tengah kota yang padat akan polusi kendaraan bermotor. Sangat berbahaya untuk guinea pig kita! Tentunya agar guinea pig tetap sehat, sebaiknya ada tambahan asupan makanan, seperti kulit jagung, paprika, dan wortel. Untuk kulit jagung sangat bagus jika dikasih setiap hari, dan untuk paprika serta wortel sebaiknya jangan terlalu sering karena sudah ada tambahan vit C ipi setiap pagi dan air minum yang tersedia di kandang 24 jam. Untuk minumnya kalian jangan kasih air kotor atau air keran yah, disarankan untuk memberikan minum air miniral yang sering kita minum. Sehingga higienis untuk guinea pignya, menghindari penyakit yang timbul.

Kandang Guinea Pig pun terbilang mewah, karena di saya pun alas guinea pig memakai louyang. Tidak disarankan kalian memakai kayu atau bambu sebagai alasnya, karena sering kali saya mendengar kasus guinea pig mati atau terjepit di kandang yang beralas bambu atau kayu. Tapi masih saja banyak diantara kalian yang memakai alas tersebut. Awal mula pertama saya memelihara guinea pig, kadang alas saya memakai karpet (yang penting tidak bolong-bolong, untuk kawat atau besi lebih tidak di sarankan sebagai alasnya! jika alasnya bolong-bolong karena kaki guinea pig bisa terjepit!) namun sangat ribet sehingga kandang tersebut cepat kotornya, setiap hari pun saya bebenah kandang satu per satu agar bersih. Waktu ke waktu saya mengganti dan merombak semua kandang farm saya beralih ke alas louyang, alhasil lebih bersih dan enak di pandang kandang tersebut. Tentunya di atas Louyang saya di isikan serbuk kayu yang bagus tidak berwarna dan aman terhadap guinea pig. Saya meniru kandang guinea pig ini dari teman-teman breeder guinea pig lainnya dan breeder-breeder top di negara luar sana. Yang tadinya saya memakai karpet membersihkan dan mencuci setiap hari, sekarang saya aga leluasa beristirahat karena mengganti serbuk kayu dan mencuci louyang setiap satu minggu satu kali.

Untuk memandikan guinea pig untuk bulu pendek saya rasa cukup 1 bulan 1x, untuk bulu panjang 3minggu 1x, yang ga ada bulu 1 bulan 1x. sisanya terserah anda mengikuti saran saya atau tidak. hehehe...

Sekarang kita, membahas jenis-jenis guinea pig yang ada di dunia, banyak jenis guinea pig yang sudah ada standard breednya, setiap council atau assosiation ada yang sama adapun yang berbeda, tergantung kalian ikut memilih standard breed yang mana, bisa dari association american ataupun council europe (British).
Jika kamu adalah sebagai pet owner (pet lover's), maka tidaklah terlalu penting untuk mengikuti asosiasi yang mana saja, tapi jika kamu ingin beralih ikut mengikuti sebuah kontes show guinea pig yang ada di indonesia, saran saya kamu mengikuti asosiasi yang di amerika yaitu arba, karena saat ini di negara kita barulah ada show arba yang tergabung dengan IRA. Kalau kamu ingin menjadi breeder tentukan arah mau ke jalur yang mana dan apakah breeder itu sendiri mau ikut kontes show guinea pig? Kalau saya pribadi sebagai breeder, saya ingin mengembang biakan semua jenis guinea pig yang ada di dunia, mau itu udah ada standard breednya ataupun belum. Yang jelas jenis tersebut sudah di akui oleh para breeder di berbagai negara, walaupun tidak ada standard breednya untuk jenis itu di assosiasi kontes di negara indonesia ini.

Oke saya akan langsung menjelaskan jenis-jenis guinea pignya, untuk foto-fotonya saya dari google dulu, karena saya belum sempet foto-foto di farm saya. Kalau Carrier bisa saja bentuknya tidak seperti itu, bagaimana kita mengawinkan silangnya. Dan Foto-foto dibawah ini hanya sample jenis dari google, bukan milik saya dan jangan tanyakan harganya berapa yang di foto itu! karena bukan punya saya! (saya hanya menjadikan sampel tulisan artikel saya untuk foto ini sebagai contoh jenis masing-masing.) jadi jangan tanyakan masih ada ga itu guinea pignya yah! karena sekali lagi saya kasih tau bahwa foto-foto dibawah ini bukanlah guinea pig milik saya atau bukan milik Hegrata Cavies!

                                       (Sumber Gambar Skinny: MichelleW dari talk-pets.com)

1. Skinny, jenis ini merupakan jenis tidak berbulu atau hairless. Skinny walaupun hairless, jenis ini sedikit memiliki bulu di hidung ataupun disekitar kepala namun hanya sedikit. Ketika lahir, skinny benar-benar seperti tidak memiliki bulu namun lambat laun waktu ke waktu numbuh bulu yang sedikit.

                  (Sumber Gambar Skinny Carrier: Margaret dari margaretshairlesspigs.webs.com)

2. Skinny Carrier, jenis ini masih membingungkan skinny carrier termasuk jenis atau hanyalah guinea pig yang masih belum menjadi skinny. Karena skinny carrier merupakan jenis yang belum menjadi skinny, karena dari website-website cavies atau caviary breeder di luar sana, menyatakan bahwa skinny carrier adalah jenis! namun sebenernya jenis yang seharusnya menjadi skinny.

seperti misalnya seperti ini, jenis skinny dengan jenis skinny maka menghasilkan 100% jenis skinny. Jenis Skinny dengan Jenis Normal (American, Sheltie, Teddy, atau lainnya) maka menghasilkan jenis skinny carrier 100%, jadi skinny carrier merupakan persilangan antara jenis skinny dengan jenis normal. Adapun tab bar lainnya seperti ini, Skinny Carrier di kawinkan dengan skinny carrier maka hasilnya  bisa jadi 25 % guinea pig normal, 25% jenis skinny, 50% skinny carrier. Kalau Skinny x Skinny carrier hasilnya 50% skinny carrier dan 50% Skinny. Terakhir Skinny Carrier dikawinkan dengan Guinea pig normal maka hasilnya yaitu  50% carrier dan 50% normal guinea pig. Tentunya jika ingin dijadikan 100% jenis skinny guinea pig, stain gennya harus di perkuat, alias di kawinkan terus anakannya sehingga jika skinny dikawinkan dengan skinny maka hasilnya adalah skinny bukan jenis lain.
                      (Sumber Gambar Werewolf: Hocus dari hocuspocusskinnypigs.weebly.com)

3. Werewolf, jenis werewolf merupakan jenis skinny yang dibedakan. Jenis ini lebih banyak memiliki bulu namun awalnya jenis ini pure dari skinny dengan skinny. Jenis werewolf itu sendiri sama seperti skinny dia hanya sedikit memiliki bulu sisanya botak. Bulu si werewolf biasanya hanya di sekitar kepala bisa full bisa tidak dan beberapa bulu dibagian kaki dan badannya namun tidak semua berbulu. Jenis Werewolf itu sendiri apakah benar-benar sebuah jenis ataukah haya di bedakan dari rupanya saja dan disebutnya werewolf. Jenis ini memang jika sebuah jenis, maka diharuskan menguatkan strain gennya, menjadi sebuah jenis werewolf itu sendiri.

                                       (Sumber Gambar Lakelands: Club UK dari splcc.co.uk)

4. Lakelands, jenis ini merupakan persilangan antara jenis skinny atau skinny carrier dengan jenis lainnya. Jenis ini awal mulanya hanya Jenis Skinny Carrier, namun dibedakan. Karena jenis ini ketika lahir memiliki bulu keriting, lambat laun waktu ke waktu jenis ini berubah bulunya menjadi halus seperti american.

                                  (Sumber Gambar American Crested: Takaro dari takaro.co.uk)

5. American Crested, jenis ini seperti jenis american teman-teman namun dikepalanya memiliki mahkota seperti jenis coronet. American Crested biasanya juga disebut sebagai White Crested, karena mahkota dia berwarna putih dan berbeda dengan warna bulu di badannya.

                     (Sumber Gambar English Crested: Asosiasi UK dari britishcavycouncil.org.uk)

6. English Crested, jenis ini seperti jenis American Crested yang membedakan hanyalah english crested mahkotanya berwarna sama seperti bulu badannya. English crested pun memiliki bulu yang pendek seperti halnya american, intinya yang dibedakannya yaitu english crested memiliki mahkota di kepalanya sedangkan american tidak. English Crested juga biasa di sebut dengan UK Crested.

                       (Sumber Gambar American: AFVC dari animalfamilyveterinarycare.com)

7. American, jenis amerikan merupakan jenis yang paling sering terlihat di pasaran umum di negara kita yaitu negara indonesia. Jenis ini memiliki bulu pendek. Seharusnya jenis American, memiliki kuping melengkung kebawah, tapi entah kenapa di Indonesia kuping jenis american ini justru aga tegak tidak melengkung ke bawah. Mungkin jenis american di indonesia sudah jenis tidak beraturan alias sering di mix (dikawin silangkan dan strain gennya tidak di stabilkan).

                                             (Sumber Gambar Coronet: Oxl dari olx.com.sg)

8. Coronet, jenis coronet itu sendiri berbentuk seperti jenis Sheltie namun terdapat sebuah mahkota di kepalanya, mahkota merupakan seperti pusaran. Jadi terlihat seperti punya mahkota hehehe. Jenis coronet pun memiliki bulu panjang seperti sheltie, intinya seperti sheltie deh namun ada mahkotanya di atas kepalanya.

                                     (Sumber Gambar Sheltie: mzeus dari farm1.static.flickr.com)

9. Sheltie, jenis Sheltie biasa di sebut dengan jenis Silkie, jenis ini memiliki bulu yang panjang, kalau di lihat bulu ini teratur lurus dan bulu ujungnya seperti menghadap ke arah depan (kaki depan).

                                     (Sumber Gambar Texel: coverhair dari coveryourhair.com)

10. Texel, jenis ini mirip sheltie atau silkie, namun memiliki bulu yang keriting atau gimbal gitu deh. Jenis texel ini menurut saya lucu, karena keriting dan mukanya yang sangat pas bagi kalian suka dengan hewan yang lucu.

                       (Sumber Gambar Baldwin: Margaret dari margaretshairlesspigs.webs.com)

11. Baldwin, jenis ini seperti skinny, namun kalau baldwin itu sendiri masih kecil berbulu tapi lama kelamaan dengan sendirinya bulu tersebut akan rontok dan menjadi botak. Jenis baldwin termasuk jenis hairless yang tidak memiliki bulu. Kalau jenis baldwin benar-benar tidak ada bulu kedepannya.

                    (Sumber Gambar Baldwin Carrier: Margaret dari margaretshairlesspigs.webs.com)

12. Baldwin Carrier, jenis ini seperti skinny carrier namun bedanya baldwin carrier merupakan perkawinan antara jenis baldwin dengan jenis normal. yah agar menjadi baldwin seutuhnya strain genenya harus di perkuat butuh proses yang lama.

                     (Sumber Gambar Abbysinian: Emmas dari emmasguineapigs.blogspot.com)

13. Abbysinian, Jenis ini yang paling banyak memiliki rossete atau pusaran ditubuhnya, bisa 4-8 pusaran, jika hoki lebih banyak dari itu lebih bagus. Bulunya pendek tidak panjang.

                               (Sumber Gambar Abyruvian: Photobucket dari photobucket.com)

14. Abyruvian, jenis ini merupakan persilangan antara jenis peruvian dengan abbysinian, rasanya jenis ini paling sering membingungkan alias membedakan dengan jenis Sheba Mini Yak. Abyruvian memiliki bulu yang berantakan, bulunya semi longhair, ada yang pendek ada juga yang panjang.

                             (Sumber Gambar Sheba Mini Yak: Beany Stories dari adpost.com)

15. Sheba Mini Yak, jenis ini sama seperti Abyruvian, namun sepertinya lebih teratur bulunya dibandingkan dengan jenis abyruvian.

                                     (Sumber Gambar Peruvian: MooMoo dari moomoopets.sg)

16. Peruvian, jenis ini tergolong bulu panjang dan memiliki 2 rossete di badanya, berbeda dengan sheltie, sheltie tidak memiliki rossete di badannya.

                                  (Sumber Gambar Alpaca: PhotoBucket dari photobucket.com)

17. Alpaca, jenis ini wujudnya mirip sekali jenis peruvian, namun bulunya yang berbeda. Bulu Alpaca yaitu keriting seperti Texel. Dari muka juga sudah terlihat perbedaanya antara alpaca dengan texel.

                             (Sumber Gambar Teddy: Guineapigruninfo dari guineapigruninfo.com)

18. Teddy, Jenis ini tergolong bulu rada jabrik ke atas yang terlihat seperti tajam dan bulunya pendek, tp sebenernya bulunya halus tidak seperti ketika dilihat. Jenis ini pun sangat lucu seperti panda ataupun bisa seperti beruang saat kecil.

                            (Sumber Gambar Swiss: GuineaPigCabin dari guineapigcabin.webs.com)

19. Swiss, jenis ini seperti jenis teddy, namun rada panjang bulunya. Jenis ini tidak kalah lucu dengan jenis teddy, tinggal kalian yang berhak memilih ingin yang bulu panjang (swiss) atau bulu pendek (teddy).

                                  (Sumber Gambar Merino: PhotoBucket dari photobucket.com)

20. Merino, seperti alpaca atau texel. Merino memiliki bulu keriting atau gimbal, yang membedakannya yaitu Merino memiliki mahkota seperti coronet dikepalanya. Merino terkadang suka disebut sebagai jenis Curly Crested.

                                          (Sumber Gambar Rex: Rasy dari elidocaviary.vot.pl)

21. Rex, Jenis rex adalah jenis yang seluruh bulu badannya berdiri ke atas. Mirip sekali seperti jenis teddy. Bulu rex pun seperti kasar dan tentunya bulu rambutnya tidak lebih dari 1cm.

                                         (Sumber Gambar Lunkarya: Google dari Google.com)

22. Lunkarya, Jenis ini juga memiliki bulu keriting, dan seperti bulu keritingnya panjang ada sedikit tidak panjang seperti tidak beraturan keritingnya, namun lunkarya sangat digemari di negara bagian eropa.

                                            (Sumber Gambar Cuy: Google dari Google.com)

23. Cuy, jenis cuy merupakan kategori ukuran besar. Seperti halnya di kelinci, Flamish giant adalah salah satu jenis kelinci terbesar untuk ukuran badannya. Ketika umur 5 taun berat nya bisa mencapai 1.100 gram bahkan bisa sampai 1.800 gram. Jenis Cuy merupakan jenis terbesar di Guinea Pig.
Standard Breednya: Cuy

                                        (Sumber Gambar Ridgeback: Google dari Google.com)

24. Ridgeback, jenis ini memiliki rambut mohack atau spike di badan atasnya, terlihat dari samping seperti landak.
Standard Breed: Ridgeback

                                         (Sumber Gambar Himalayan: Google dari Google.com)

25. Himalayan, nah jenis yang satu ini sangat membingungkan, apakah termasuk salah satu jenis ataukah hanya variasi warna. Kenapa membingungkan? karena Himalayan diluar sana sudah ada standard breednya. Tapi menurut saya sendiri, ini hanyalah tergolong warna variasi. Karena disetiap jenis ada warna himalayan. Jadi, saya rasa hanya ada 24 jenis. Jenis ini hanya sebagai pertimbangan dan belum meyakinkan saya bahwa himalayan adalah jenis guinea pig, melainkan hanyalah warna pada guinea pig.
Standard Breed: Himalayan


Untuk warna-warna guinea pig sangat lah banyak, nanti akan saya lanjutkan artikel ini.

Untuk cara tips mengetahui guinea pig kamu pure atau mix dan membedakan jenis kelamin silahkan klik aja tulisan >CLICK HERE<

One Response so far.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Seramah.com - Seram Ah~ - Powered by Blogger - Upgrade Domain to seramah.com -